Sabtu, 04 Agustus 2012

AWAS RADIASI HP BISA KANKER & MANDUL!!




Hp kini bukan barang asing lagi dimasa sekarang ini. Bahkan menurut riset untuk negeri kita tercinta ini, Indonesia menduduki 3 besar negara dengan durasi memegang HP terbanyak lho!
Woww.. Kayaknya fungsi HP sudah benar-benar mendarah daging ya..
Wajarlah,karena barang satu ini benar-benar sangat membantu kita dalam berkomunikasi jarak jauh dan tak hanya itu sekarang HP dipenuhi berbagai fasilitas dan aplikasi yang bikin kita betah melototin HP seharian penuh. Bahkan untuk beberapa orang(termasuk aku :D) rela kembali pulang kerumah hanya untuk mengabil HP yang ketinggalan. Apa kalian juga?
Tapi Gan, ternyata HP memberi dampak negatif yang cukup berbahaya lho.. Mau tahu kenapa??

            Menurut riset WHO (world health organization)
“ penggunaan ponsel secara terus menerus selama 5-18 tahun atau lebih menimbulkan resiko tinggi terkena kanker darah (leukemia) atau kanker pankreas. Seseorang yang sering terkena radiasi ponsel, cepat atau lambat, dapat mengalami efek detrimental pada otak.”
Nah, ini yang perlu digaris bawahi buat kalian para kaum adam,
Riset medis di Amerika Serikat menunjukkan laki-laki yang menggunakan ponsel lebih dari 4 jam tiap harinya mengalami penurunan sel mani hingga 40% dibannding laki-laki yang presentasi pemakaian ponselmya rendah.
Selain itu, Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan hand-phone adalah sejenis gelombang microwave yang termasuk jenis radiasi non-ionisasi dan levelnya tergolong rendah / low level radiation. Dari puluhan kajian ilmiah yang telah dilakukan sampai sekarang ini, belum terdapat bukti ilmiah hasil olahan kajian yang skala cakupan dan secara komprehensif dapat meyakinkan bahwa efek radiasi non-ionisasi pada pemakaian hand-phone berakibat serupa dengan efek pancaran radiasi gelombang elektromagnetik jenis ionisasi yang telah dinyatakan positif sebagai salah satu penyebab tumor otak atau pun kerusakan DNA pada sel jaringan tubuh manusia.


            Kalau kamu masih enggak percaya dengan bahaya radiasi Hp, kamu bisa coba buktikan dengan cara sederhana ini:
Untuk membuktikannya, dibutuhkan :
·                     1 butir telur dan 2 HP.
·                     65 menit percakapan dari 1 HP ke yang lainnya.
Kita mulai panggilan antara kedua HP selama kurang lebih 65 menit;
15 menit pertama tidak terjadi apa-apa…
Setelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit;
telur sudah panas; dan setelah 65 menit telur matang…
            Jika radiasi gelombang mikro yang dipancarkan oleh HP mampu memodifikasi protein dalam telur itu. Bayangkan apa yang terjadi dengan protein dalam otak kita ketika kita bicara melalui HP..!!


    Dari berbagai perilaku menggunakan ponsel, ada 6 fakta yang ternyata bisa mempengaruhi  kesehatan menggunanya.
1.     Menggantung HP di leher atau pinggang
Menyimpan HP di sekitar leher berbahaya bagi penderita gangguan irama jantung/ Arrhythmia. Kok bisa? Karena fungsi jantung menjadimtidak sempurna akibat pengaruh radiasi dari HP yang menggantung dileher.
Solusi : Simpan HP dalam tas, dompet. Usahakan jangan digantung dipinggang atau diikat dileher.
2.     Langsung menempelkan HP di telinga saat menelpon
Umumnya, begitu memencet nomor yang akan dihubungi handphone langsung kita tempelkan pada telinga kita. Padahal sebenarnya telepon belum tersambung dan disaat belum tersambnung inilah radiasi Hp sedang tinggi-tingginya.
Solusi : beri selang 5 detik setelah kamu memencet nomor agar saat HP ditempelkan ketelinga dalam keadaan  telepon sudah tersambungm dan itu artinya kamu sudah mengurangi sedikit resiko radiasi
3.     Menempelkan HP pada telinga saat menelepon
Karena alasan suara yang dikeluarkan HP kita kurang keras, kita cenderung refleks menempelkan HP ketelinga sehingga tidak memberikan sedikitpun  ruang antara HP & telinga kita. Nah, padahal semakin dekat jarak HP dengan otak kita, efeknya aka makin besar pula.
Solusi : Gunakan Handfree, jika terpaksa tidak menggunakan handfree letakkan secara bergantian antara telinga kanan dan kiri.
4.     Menelpon sambil memojok di sudut tembok, dan berbisik saat menelpon
Faktanya menelpon disudutbruangan lebih membahyakan kesehatan,karena ruang yang tertutup dapat meningkatkan daya radiasi pada sudut tertentu.
Solusi: Cari ruangan terbuka saat menelpon ya..
5.     Menelpon sambil mondar-mandir
Tanpa disadari beberapa orang suka melakukan hal ini. Apa kamu juga? ;D
Padahal  menggerakkan posisi ketika menelpon bisa membuat sinyal menjadi tidak stabil. Nah, kalo sudah begitu akan terjadi peluncuran  daya tinggi dalam waktu singkat yang tidak diperlukan.
Solusi: carilah tempat yang terbuka &  duduklah senyaman mungkin. Jangan lupa tenangkan pikiran, karena biasanya mondar mandir adalah pelampiasan pikiran yang tidak tenang.
terakhir jangan sampai tidur sambil telepon ya.. takutnya saat tertidur, Hp menempel dengan otak 
Nah, diatas adalah sedikit tips-tips sederhana agar kita bisa mengurangi efek radiasi. Tapi ingat, ini hanya bersifat mengurangi, bukan menghilangkan. Jadi saran dariku gunakanlah HP dengan bijak. Usahakan matikan HP saat tidur atau jauhkan HP dari kepala. Yaah.. semua ada resikonya, tapi kalo kita bisa meminimalisir why not? :D
Sumber: Suara IIDI, No.148 Mei 2012
FORSEL edisi Februari 2008

Mari saling berbagi ilmu,
contact  me on
@DevinaRK11 (on twitter)
or
Devina Rizka Kusuma (on FB)


Blog ini didukung oleh BUKU MURAH11
Toko buku HARGA GROSIR,
menyediakan semua genre buku,
Katalog : bukumurah11.blogspot.com/
FB         : Buku Murah11
Order sms 085727377537

Judul : Semua Bisa Jadi Pengusaha
Penulis : ustad Yusuf Mansur
Genre   : Motivasi-Bisnis
Harga 
(Soft Cover) : Rp. 39.000 Discount menjadi Rp. 34.800
(hard Cover) : Rp. 79.000 Discount menjadi Rp. 75.300
Order sms 085727377537

Sinopsis:
Recommended- Ustadz Yusuf Mansur menjelaskan bahwa untuk menjadi pengusaha sukses memerlukan 8 Prinsip dasar yang harus dipegang teguh. 8 Prinsip dasar ini harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses menjadi pengusaha. Dan setiap orang yang ingin sukses mengejar dunia akhirat, sukses jodoh, sukses kerja, bebas hutang dan untuk banyak hal lainnya dalam urusan apa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar